Minggu, 26 Februari 2017

Icip-Icip Baklave, si Manis Gurih dari Makassar




Icip-Icip Baklave, si Manis Gurih dari Makassar


Makassar Baklave, Oleh-oleh Khas Makassar
Royal Chocolate dan Nutty Fruity – Makassar Baklave
Jujur saja, saya belum pernah mendengar atau tau tentang Baklava sebelumnya. Saat Makassar Baklave mulai ramai dibincangkan oleh teman-teman blogger Makassar, barulah saya cari tau apa sih baklava ini dan apa yang membuat kehadirannya di Makassar menjadi bahan pembicaraan di kanal media sosial.
Baklava adalah sejenis makanan ringan di kawasan Turki dan daerah-daerah tempat mantan kekuasaan Kerajaan Ottoman. Makanan ini terdiri dari kacang walnut atau pistache yang dicincang dan diberi pemanis (gula atau madu) dan dibungkus adonan roti tipis. Baklava sendiri sudah sangat lama didokumentasikan. Salah satu bukti tertua ialah resep baklava di dalam sebuah buku resep dari abad ke-14 yang ditemukan di Tiongkok. Dalam buku resep ini baklava disebut güllach. (Wikipedia)
Kak Lia Djabir, salah satu member blogger Makassar mengatakan bahwa Baklava ini memang asalnya dari Turki, dan menurutnya rasanya manis sekali tapi manisnya bukan dari gula melainkan madu. Lapisan filo pastry yang super tipis dan renyah ditumpuk kemudian diberi isian aneka kacang cincang dan kismis yang telah direndam di dalam campuran simple syrup dan kayu manis.
Nah si manis Baklava dari Turki inilah yang menjadi inspirasi bagi Irfan Hakim untuk membuka bisnis oleh-oleh di Makassar, di awal tahun 2017. Untuk kamu yang kangen dengan Baklava, atau belum pernah icip Baklava seperti saya, sekarang gak perlu jauh-jauh ke Turki, karena sudah tersedia di kota kita ini. Namanya Makassar Baklave, yang kemudian digadang-gadang sebagai oleh-oleh khas Makassar terbaru dan sedang hits saat ini.
Makassar Baklave, Oleh-oleh Khas Makassar
Tampak depan gerai Makassar Baklave yang berlokasi di Jalan Hasanuddin No 31

Soft Launching Makassar Baklave

Saya beruntung diundang untuk hadir di acara soft launching gerai Makassar Baklave yang berlokasi di Jalan Hasanuddin No 31, pada tanggal 9 Januari 2017. Pagi hari saya sudah bersiap-siap karena rencananya akan menebeng Anbhar yang berangkat ke kantor. Sempat dua kali berteduh di jalan tol karena hujan yang mendadak turun dengan derasnya, sebelum akhirnya kami tiba di gerai Makassar Baklave tepat pukul 10 pagi. Gerainya mudah ditemukan, berlokasi di Jalan Hasanuddin, sebelah kanan jalan sekitar 50an meter sebelum Gelael.
Suasana sudah ramai oleh para pengunjung, ada yang datang sebagai undangan untuk menghadiri soft launching dan ada juga yang memang datang untuk membeli oleh-oleh khas Makassar terbaru ini. Setelah bertemu Kika Kusumawati – Asisten Manajer Marketing Makassar Baklave, saya putuskan untuk masuk dan foto-foto. Suasana di dalam toko juga ramai, ada yang sedang mengantri di kasir untuk membeli Makassar Baklave, ada juga yang mengantri untuk berfoto di spot foto yang sudah disediakan.
Makassar Baklave, Oleh-oleh Khas Makassar
Setiap pembeli yang datang saat soft launching Makasar Baklave, dapat balon untuk dibawa pulang
Makassar Baklave, Oleh-oleh Khas Makassar
Yaiyyy, i came for the cake!
Selepas foto-foto, saya duduk di kursi yang disediakan untuk undangan dan ngobrol-ngobrol dengan Inart dan Ama sambil menunggu acara dimulai. Selang berapa lama, akhirnya acara dibuka dengan MC dan memanggil para pemain film Silariang untuk naik ke panggung mempromosikan film mereka. Makassar Baklave memang menjadi official sponsor film Silariang yang merupakan karya sineas Makassar, film ini rencananya akan tayang di awal Maret 2017. Tiketnya bisa diperoleh juga di gerai Makassar Baklave.
Selepas perkenalan cast film Silariang, MC mengajak kita untuk sarapan Makassar Baklave bersama –sama, yaiyyyy. Lalu MC juga mengumumkan bahwa setiap yang hadir akan diberi sekotak Makassar Baklave untuk dibawa pulang, double yaiyy. Yang saya cicip adalah varian Banana Fluffy. Saya sempat bertanya ke Inart, bagian bawahnya ini bolu apa? Dijelaskanlah saya soal cotton cake dan cara pembuatannya.
Jadi Makassar Baklave by Irvan Hakim ini merupakan baklava yang sudah dimodifikasi dan disesuaikan dengan lidah orang Indonesia. Bagian bawahnya adalah cotton cake yang lembut cenderung manis sedangkan bagian atasnya adalah filo pastry yang gurih. Isiannya berbeda-beda tergantung varian Makassar Baklave yang kita pilih. Varian Banana Fluffy yang saya cicip di soft launching, bisa ditebak dari namanya bahwa isiannya adalah pisang. Cotton cakenya super lembut dan yummi. Varian Makassar Baklave yang saya bawa pulang adalah Royal Chocolate dan Nutty Fruity.
Makassar Baklave, Oleh-oleh Khas Makassar
Banana Fluffy Makassar Baklave, pisang yang berpadu dengan filo renyah bertaburkan kacang yang gurih
Makassar Baklave, Oleh-oleh Khas Makassar
Royal Chocolate Makassar Baklave, lapisan coklatnya bikin gak kuatttt, laff banget rasanya
Makassar Baklave, Oleh-oleh Khas Makassar
Nutty Fruity Makassar Baklave, isian kacang cincang berpadu gurihnya filo dan lembutnya cotton cake

Makassar Baklave, Oleh-oleh Khas Makassar

Berlibur ke suatu daerah biasanya kurang lengkap jika pulang tanpa membawa buah tangan alias oleh-oleh, ya gak? Sudah jamak kita temui komentar-komentar seperti, wah liburan? Jangan lupa oleh-oleh naaa. Pun demikian saya, yang terkadang menitip oleh-oleh khas daerah tersebut kepada teman yang sedang liburan. Tapi ini tergantung siapa juga yaaa, biasanya sih saya hanya minta kepada teman yang memang dekat atau oleh-oleh yang saya minta tidak memberatkan.
Sejak dulu, oleh-oleh khas Makassar yang menjadi incaran ada beberapa item misalnya Jalangkote, Minyak Gosok, Otak-otak, Sarung Sutra, Pisang Ijo, Nyuknyang Ati Raja, Kacang Disko, Kopi Toraja dan lain-lain. Sekarang, oleh-oleh khas Makassar pun bertambah lagi variannya, ya si Makassar Baklave ini. Soalnya gak ada dijual di daerah lain kan, hanya ada di Makassar saja. Jadi sayang aja kalau kamu melewatkan kesempatan untuk membawa Makassar Baklave sebagai buah tangan untuk sahabat dan kerabat.
Makassar Baklave, Oleh-oleh Khas Makassar
Kemasan Makassar Baklave. Kuat, praktis dan cocok sebagai oleh-oleh
Ada 5 varian dari Makassar Baklave yang bisa kamu pilih sebagai oleh-oleh khas Makassar, tapi kalau mau beli semua varian juga ga papa kok hehehhe. Soalnya pilihnya bisa bikin bingung, semuanya enak 😀
  • Nutty Fruity
    Baklave dengan isian pistachio, walnut, cashewnut di dalammya dengan aroma cranberry dan raisin yang dipanggang selama 40 menit. Sirup dengan aroma lemon segar membuat cotton cake lumer dan lembut di mulut.
  • Rich Cheese
    Saya penasaran banget sama varian ini, pengen icip-icip bagaimana guruhnya keju bertemu dengan renyahnya filo dan cotton cake yang super lembut. Katanya sih pecah di mulut, kena di hati. Harus balik lagi ke gerainya nih 😀
  • Oreo Blast
    Biskuit Oreo saja sudah enak, eh ini malah dijadikan isian baklave ya makin enak donggg. Berpadu dengan sensasi gurihnya keju di antara lapisan filo dan cotton cake yang lembut.
  • Royal Chocolate
    Nah ini nih favoritkuuu, isian coklatnya endeusss dan lembut. Katanya sih selai coklatnya buatan dari Chef Makassar Baklave yang dijamin keaslian dan kualitasnya.
  • Banana Fluffy
    Aroma pisang yang berpadu dengan filo renyah bertaburkan kacang yang gurih, tidak ketinggalan cotton cake yang lembut bikin mau lagi dan lagi.
Harga untuk setiap variannya adalah Rp 65.000. Nah untuk kamu yang membeli di antara tanggal 9 Januari hingga 15 Januari 2017 akan mendapatkan diskon 10%. Lumayan kan, lagipula tidak ada minimum pembelian untuk promo ini.
Saya paling suka varian royal Chocolate, cotton cakenya lembut dan berasa coklatnya ditambah lagi dengan isian selai coklat yang tebal berpadu dengan gurihnya lapisan filo dan topping coklat serut. Enak, ga boong, beneran!Kalau saya, cara makannya sekali gigit langsung 3 lapisan masuk mulut muahahaha, si babyjo anak saya malah lebih suka cotton cakenya dan menyisihkan isian coklat dan filonya *yang kemudian habis diembat mamaknya x))*.
Next saya mau coba rich cheese dan oreo blastnya, nanti saya apdet lagi yaaa hehehe atau kalau kamu sudah icip-icip, boleh dong tinggalkan komentar rasanya kayak gimana 😀
Ohya, sekalian mau infokan kalau Makassar Baklave akan grand opening tanggal 15 Januari nanti, acara ini akan dihadiri oleh Irfan Hakim dan Walikota Makassar pak Dhani Pomanto. Datang yuk rame-rame, kita icip-icip si manis gurih Makassar Baklave sambil tanya-tanya ke Irfan Hakim kok memilih buka bisnis di Makassar dan kenapa namanya Makassar Baklave. Katanya sih ada hubungannya dengan kisah perjuangan cinta Irfan Hakim dengan sang istri Della Sabrina Indah Putri. Setiap lapisan Makassar Baklave ini juga ada filosofinya loh, nanti bisa tanya-tanya langsung. Sampai ketemu di sana yaaaa 🙂
Makassar Baklave, Oleh-oleh Khas Makassar
Soft launching gerai Makassar Baklave
Makassar Baklave, Oleh-oleh Khas Makassar

Makassar Baklave

Oleh-oleh khas Makassar
Jl. Sultan Hasanuddin No. 31
Telepon: 0411-3623 898
www.makassarbaklave.com
IG: @makassarbaklave
Fan page FB: Makassar Baklave
Twitter: @makassarbaklave

http://nanie.me/makassar-baklave-oleh-oleh-khas-makassar/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar